Mounev

Mar, 13 2022 . 11 min read

Management people with 7S McKinsey

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai organizational development dengan teori 7S McKinsey. 7S McKinsey merupakan suatu teori yang dibangun oleh Tom Peters dan Robert Waterman yang bekerja sebagai Konsultan di Perusahaan McKinsey & Company pada tahun 70’an 


7S Mckinsey didasarkan pada teori bahwa, agar organisasi berjalan dengan baik,  tujuh elemen ini harus selaras dan saling menguatkan. Berikut 3 tujuan dari 7S  McKinsey: 

1. 7S McKinsey dibuat sebagai suatu alat yang cukup baik untuk merancang  suatu organisasi, hal ini dapat berguna untuk teman-teman yang ingin  membangun suatu perusahaan atau sedang menjalankan sebuah organisasi. 


2. 7S mckinsey dipakai juga untuk menjaga keselarasan (dan kinerja)  perusahaan dari berbagai jenis perubahan seperti restrukturisasi, merger,  penerapan sistem baru, perubahan kepemimpinan, dan sebagainya. 

3. 7S McKinsey ini menjadi alat ukur untuk menentukan seberapa efektif suatu  organisasi dalam menjalankan aktivitasnya serta digunakan oleh perusahaan  untuk menentukan KPI (Key Performance Indicator)

 

Lalu aspek apa sajakah yang terkait dengan 7S McKinsey? 


1. Pertama 7S McKinsey ini dimulai oleh yang namanya Sistem dan merupakan  suatu SOP atau bentuk keteraturan yang dibangun oleh suatu perusahaan  untuk karyawan maupun organisasinya sebagai dasar atau pedoman bagi  seorang karyawan untuk bertindak. 

Pertanyaannya bisa berupa : 

• Apa sistem utama yang digunakan untuk menjalankan organisasi? • Di mana pengendaliannya serta bagaimana mereka dipantau dan  dievaluasi? 


2. Strategi, konsep untuk membuat arah dan tujuan suatu perusahaan baik dalam  periode bulanan/ tahunan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan sebelum  memulai program. 

Pertanyaannya bisa berupa: 

• Apa strategi yang dimiliki? 

• Bagaimana cara kita untuk mencapai tujuan tersebut? 


3. Struktur, bagan yang digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk kejelasan  dalam berbagai pembagian tugas yang ada untuk setiap karyawannya Pertanyaannya bisa berupa: 

• Bagaimana proses pembagian team? 

• Seperti apa hierarki nya? 


4. Skill, kemampuan yang digunakan untuk melihat kemampuan dan potensi yang  dimiliki oleh setiap karyawan yang sesuai dengan tujuan perusahaan Pertanyaanya bisa berupa: 

• Kemampuan apa yang dapat dilakukan dengan baik oleh tim/  perusahaan? 

• Apakah saat ini karyawan/ anggota tim memiliki kemampuan untuk  melakukan pekerjaan itu?

 

5. Staff, dalam hal ini staff merupakan komponen penting untuk melihat  bagaimana perusahaan menggunakan sumber daya yang dimilikinya mulai dari cara merekrutnya,kompensasinya, dsb.  

Pertanyaanya bisa berupa: 

• Posisi apa yang harus diisi? 

• Spesialisasi apa yang dimiliki oleh setiap tim? 


6. Style, merupakan arah atau gaya kepemimpinan suatu perusahaan yang  bergantung kepada siapa pemimpin perusahaannya. 

Pertanyaanya bisa berupa: 

• Pemimpin seperti apa yang diperlukan? 

• Seberapa efektifkah gaya kepemimpinan saat ini? 


7. Share Value, untuk aspek ini saya letakan di bagian tengah karena digunakan  sebagai pedoman bagi suatu perusahaan, dalam hal ini bagaimanapun  perubahaan yang terjadi baik dari aspek staff, skill, dll, share value akan  tetaplah sama agar bisa tetap sejalan dengan visi dan misi ketika awal  perusahaan tersebut berdiri 

Pertanyaanya bisa berupa: 

• Apa nilai-nilai inti Perusahaan? 

• Seberapa kuat nilai-nilai inti perusahaan tersebut? 


Nah itulah kira2 penjelasan singkat dari 7S Mckinsey, yang bisa kami bagikan dan  semoga bisa bermanfaat untuk mendevelop suatu perusahaan, karena saya percaya  bahwa perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang memiliki internal yang  termanage dengan baik.



Related