Mounev

Apr, 20 2022 . 11 min read

Cara Menjadi Public Speaker Hebat

Anda tidak terbiasa berbicara di depan banyak orang?

Tidak perlu khawatir dan mengeluarkan banyak uang untuk belajar dengan khusus. Anda bisa belajar secara mandiri dengan pengeluaran nol rupiah. Simak beberapa tips berikut untuk membantu Anda menjadi public speaker yang hebat!

1. Show to give not to take

           Jika Anda diundang dalam suatu event sebagai pembicara berarti Anda memiliki pengalaman, mengetahui suatu wawasan yang tidak diketahui banyak orang, dan Anda perlu berbagi apa yang Anda ketahui dengan banyak orang. Dengan begitu, menjadi pembicara yang baik berarti harus memberi. Artinya, pembicara terbaik bukanlah mereka yang ingin memanfaatkan audiens, tetapi mereka yang benar-benar ingin memberikan nilai tambah kepada audiens. Menjadi kesalahan besar jika pembicara merasa yakin bahwa dirinya akan mendapatkan tepuk tangan meriah. That’s not the reason why you show up, you show up to give to audiens.

2. Be yourself and be original because authenticity engages.

           Sebelum transfer ilmu diberikan kepada orang lain, Anda harus menjadi diri sendiri dan terbiasa dengan apa yang Anda lakukan dan bicarakan.

3. Awareness connect you to the audience.  

           Jangan menjadikan persiapan Anda sebagai acuan, karena kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi saat menjadi pembicara. Kadang kala suatu acara dapat berubah menjadi acara lainnya tergantung situasi dan kondisi kala itu. Sebagai pembicara, kita harus bisa menyesuaikan gaya bicara dengan keadaan acara tersebut.

4. Be bold

           Jangan tanggung-tanggung saat memberikan presentasi karena Anda sedang memberikan suatu cerita, opini ataupun pidato yang pasti audiens percayakan dan dengarkan apa yang Anda katakan.

           Setelah Anda memahami berbagai tips diatas, Anda dapat melakukan latihan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung Toastmaster Interantional (TI) yang disediakan dengan harga yang murah dan didampingi oleh experts yang memiliki jam terbang tinggi. Klub ini memiliki segudang fasilitas yang dapat membantu Anda menjadi public speaker yang hebat.

 

Related