Mounev

Mar, 13 2022 . 11 min read

5 Kursus Online Paling Menguntungkan Sesuai dengan Tren 2022

Apakah Anda ingin mendapatkan uang tambahan dari rumah tanpa harus bekerja ekstra? Salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan dari rumah adalah dengan menjual kursus online.

Kursus online menjadi semakin ramai di khalayak. Banyak perusahaan yang menawarkan kursus online sebagai fasilitas ataupun individu yang ingin mengasah kemampuan mereka. Hal ini adalah cara yang bagus untuk Anda yang ingin mendapatkan pendapatan sampingan.

Dalam membuat kursus online, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, Anda harus menentukan topik apa yang akan dibahas dalam kursus online Anda. Mulailah dengan memikirkan kemampuan apa yang Anda miliki. Dari kelebihan tersebut, pastikan bahwa Anda menyukai subjeknya dan senang untuk membagikannya di kursus online. Terakhir, Anda juga harus mencari siapa target pasar Anda. Anda juga harus tahu, apakah mereka bersedia untuk membayar untuk ilmu yang Anda bagikan? Kursus online sebaiknya dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak, para pengajar dan para pelajar.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa topik kursus online yang ramai dicari dan paling menguntungkan untuk Anda sebagai penjual.

1.    Teknologi dan Komputer

Komputer adalah teknologi penting yang dapat kita gunakan untuk banyak hal. Tidak hanya untuk mendapatkan informasi ataupun sarana hiburan, namun juga sebagai pendapatan sampingan yang dapat bekerja secara online. Pekerja dengan kemampuan di bidang pemrograman, pengembangan dan desain web, serta keamanan cyber sedang banyak dicari. Jika Anda merasa memiliki kelebihan di bidang tersebut, maka membuat kursus online bagi mereka yang baru ingin belajar akan sangat menguntungkan bagi Anda.


2.    Bisnis, Manajemen, dan Pemasaran

Kursus mengenai bisnis mengajarkan segalanya, mulai dari keuangan hingga manajemen proyek atau bagaimana menjadi pengusaha. Semua yang perlu Anda tahu untuk berkembang di satu perusahaan. Dalam berbisnis, tentunya memerlukan kemampuan untuk memasarkan atau marketing. Di era digital sekarang, kegiatan berbisnis dan pemasaran banyak dilakukan secara digital, yaitu lewat media sosial. Anda dapat memanfaatkan ilmu yang Anda miliki mengenai kewirausahaan, keuangan, pemasaran digital, blogging, dan SEO untuk dibagikan lewat kursus online.

3.    Pelajaran Akademis

Sekolah dari rumah atau homeschooling, tutor, dan kursus online telah menjadi hal yang wajar bahkan sebelum pandemi. Namun setelah adanya pandemi, ketiga hal tersebut semakin banyak dicari oleh siswa dan orangtua. Jika Anda memiliki kemampuan mengajar, Anda dapat mengajarkan mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, sosiologi, dan ekonomi. Semua mata pelajaran tersebut akan masuk ke dalam ujian masuk perguruan tinggi dan Anda dapat mengambil keuntungan dari situ.

4.    Desain, fotografi, dan video

Apakah Anda memiliki hobi mengedit foto atau video? Jika iya, maka jadikanlah hobi tersebut menjadi sumber pendapatan Anda! Beberapa tahun terakhir, terdapat perkembangan tren di bidang fotografi dan desain. Anda dapat membuat kursus online dengan topik fotografi, desain grafis, bahkan videografi.

5.    Keterampilan Profesional

Keterampilan seperti kepemimpinan, komunikasi, serta berbicara di depan umum dapat menjadi nilai tambah di CV. Selain itu, pekerja dengan keterampilan Excel akan selalu dicari oleh perusahaan. Microsoft Excel memiliki banyak kegunaan dan rumus. Demikian pula dengan data sains dan analisis data. Ketika berbicara mengenai manajemen dan pengolahan data dalam jumlah besar, perusahaan membutuhkan lebih banyak profesional yang andal. Jika Anda ahli dalam bidang tersebut, ini dapat menjadi topik kursus yang sangat menguntungkan.

Kursus online telah memberikan manfaat bagi masyarakat dari segala usia yang memiliki keinginan untuk belajar. Apakah Anda seorang ahli, pendidik profesional, atau hobi di bidangnya, Anda berpotensi membuka kursus online. Dan platform yang tepat, lengkap, dan mudah untuk membuat, memasarkan, dan menjual kursus online Anda adalah: Mounev! Hanya dengan mendaftarkan kursus Anda dan unggah konten video pembelajaran yang Anda miliki, Anda akan langsung mendapatkan pendapatan sampingan hingga 15 juta per bulan. Segera dapatkan keuntungan dari keterampilan dan hobi Anda lewat Mounev.

Related