Mounev

Mar, 13 2022 . 11 min read

Affiliate Marketing: Usaha Sampingan Profit Menggiurkan?

Salah satu jenis pemasaran yang sedang booming adalah affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan proses mendapatkan komisi atau upah dengan cara mempromosikan produk dari individu atau perusahaan lain. Para penyedia jasa afiliasi ini dapat menemukan barang yang dicari target pasar, mempromosikannya, dan mendapatkan persen keuntungan untuk setiap produk yang terjual.

Pemasaran secara afiliasi mirip dengan salesperson, yang membedakan adalah para penyedia jasa afiliasi tidak bekerja untuk perusahaan. Sebaliknya, ini seperti mendapatkan persen keuntungan karena mengirim pelanggan baru ke perusahaan. Dalam kata lain, ketika penyedia jasa afiliasi membantu perusahaan menjual suatu produk, mereka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Affiliate marketing cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan namun tidak dapat membuat produk sendiri. Terutama ketika Anda ingin merekomendasikan produk yang pernah Anda gunakan. Metode pemasaran ini juga dapat menguntungkan bagi konsumen, karena mereka tidak perlu mencoba produk yang ingin mereka coba. Mereka cukup melihat ulasan dari produk yang mereka ingin beli.

Ada tiga “pemain utama” dalam melakukan affiliate marketing.

1.    Penyedia jasa afiliasi, seperti influencer, blogger, media massa, atau individu;

2.    Perusahaan atau individu yang menyewa jasa afiliasi;

3.    Target pasar

Berikut adalah cara kerja dari affiliate marketing dan bagaimana masing-masing pihak mendapat manfaat darinya.

1.    Dari ulasan Anda, sebagai penyedia jasa afiliasi, pelanggan akan mempelajari produk yang akan dibeli, kekurangan dan kelebihannya.

2.    Dari rekomendasi Anda pula, perusahaan yang menjual produk tersebut akan mendapatkan pelanggan baru yang mungkin sebelumnya tidak dapat diraih oleh perusahaan.

3.    Sebagai hasil dari penjualan ke pelanggan, Anda akan diberikan komisi oleh perusahaan.

Namun, kunci dari melakukan affiliate marketing adalah kepercayaan. Raih kepercayaan dari pelanggan Anda terlebih dahulu, dan sebaiknya Anda hanya merekomendasikan produk yang telah Anda gunakan sendiri dan tahu bahwa target pasar Anda akan mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Ketika target pasar Anda memercayai produk hasil rekomendasi Anda, maka ketiga pihak dalam hubungan affiliate marketing akan mendapatkan keuntungannya masing-masing.

Related