Mounev

Mar, 11 2022 . 11 min read

Di Balik Human Resource

Posisi human resources dalam suatu perusahaan tidak dapat dipilih secara sembarangan. Individu yang dipilih di bagian human resources haruslah berkualitas, berdedikasi, dan loyal terhadap perusahaan. Mengapa? Karena, setiap divisi di suatu perusahaan saling bergantung satu sama lain. Jika terdapat error di satu divisi, maka akan mempengaruhi kinerja divisi lain. Maka, pada artikel ini akan dibahas tentang keterampilan yang harus dimiliki seorang human resources


Disiplin Tinggi 

Posisi human resources cenderung menjadi acuan bagi karyawan lain. Maka dari itu, berada di dalam divisi ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan tidak suka menunda pekerjaan. 

Pandai Menempatkan Karyawan 

Seorang human resource harus pandai menempatkan karyawan di posisi yang tepat. Penempatan posisi karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keahliannya dapat menghambat kinerja karyawan tersebut. Hal ini dapat berdampak pula pada perkembangan perusahaan juga. Perusahaan dengan formasi yang sesuai dapat membuat perusahaan semakin berkembang dan bisa mengoptimalkan target. 

Pandai Berkomunikasi 

Komunikasi merupakan salah satu soft skill penting bagi perkembangan perusahaan, salah satunya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh sesama rekan kerja. Menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan maupun atasan bukanlah pekerjaan mudah. Karenanya, komunikasi yang efektif juga dapat mempermudah pekerjaan. Jika terdapat masalah, bisa dengan mudah dikomunikasikan bersama secara musyawarah. 

Tegas 

Jika seseorang berkeinginan untuk masuk di divisi human resources, maka orang tersebut harus dapat bersikap tegas dan profesional dengan rekan kerjanya. Mengapa? Karena bisa jadi ketika memimpin rapat ataupun berdiskusi dengan karyawan dan atasan kantor, dia harus dengan tegas mengambil keputusan yang terbaik bagi perusahaan, jangan sampai goyah karena suatu hal. Begitu pula dengan profesionalitas, semua karyawan di suatu perusahaan, termasuk bagian human resources, harus dapat memisahkan antara urusan pribadi dengan

urusan kantor. Apabila terdapat selisih dengan rekan kerja, maka harus diselesaikan sesegera mungkin, agar tidak mengganggu kinerja masing-masing individu. 


Pandai Bernegosiasi 

Tentu di setiap pekerjaan membutuhkan keahlian dalam bernegosiasi. Seperti ketika akan bekerjasama dengan klien, harus dapat membuat keputusan yang menguntungkan bagi perusahaan dan memberikan feedback yang baik bagi klien. Atau ketika proses recruitment, HR dengan calon karyawan perlu mendiskusikan komisi yang sesuai dengan job desc yang diminta. 

Lima keahlian di atas merupakan skill yang esensial yang harus ada di dalam seorang di posisi human resource. Posisi ini terbagi lagi menjadi 3 divisi yang ketiganya harus saling memberi sokongan, berikut ketiga divisinya. 

Human Resources Planning 

Proses ini merupakan kelanjutan dari proses rekrutmen yang dilakukan oleh para perekrut untung mengoptimalkan karyawan perusahaan. Pengembangan diri dan perencanaan kerja dari tiap karyawan berguna untuk meningkatkan potensi dan manfaat untuk perusahaan. Maka, proses human resources planning ini salah satu titik penting bagi perusahaan. 

Human Resource Development 

Saat seseorang melamar kerja di satu perusahaan dan lolos screening CV, pelamar tersebut akan dipertemukan dengan tim human resource development atau HRD. Divisi ini berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Beberapa tugas tim HRD diantaranya yaitu merekrut, mengevaluasi, menentukan kompensasi atau gaji, dan menangani masalah antar karyawan. 

Human Capital Offer 

Human capital officer merupakan salah satu penentu berjayanya suatu perusahaan. Divisi ini memastikan karyawan mendapatkan hak masing-masing 

Tentunya setiap divisi memiliki perannya masing-masing dan saling berhubungan dalam pengembangan perusahaan. Secara spesifik, ketiga divisi human resources yang disebutkan di atas harus mendukung satu sama lain demi kesuksesan karyawan. Jika

ketiganya dapat bekerjasama dan saling menyokong, diharapkan perusahaan tersebut dapat mencapai target yang dicita-citakan. Maka dari itu, jika Anda memiliki pengalaman ataupun ilmu mengenai human resources, anda dapat membagikannya kepada calon pelamar kerja agar mereka dapat mempersiapkan dirinya seoptimal mungkin. Dengan membuat kelas e-learning di Mounev, Anda bisa dengan mudah sharing ilmu yang anda miliki ke seluruh dunia. Hanya dengan regist, create, dan share!

Related